Senin, 31 Desember 2012

Nasyid ? Musik Apa Itu ?


Assalamualaikum Wr. Wb.

Izin Share Tentang NASYID
Kalau Informasinya bermanfaat bisa di rating ganRate 5 Star




Spoilerfor Sejarah:

Nasyid berasal dari bahasa Arab yang berarti senandung. Kata ini mengalami penyempitan makna dari senandung secara umum, menjadi senandung yang bernafaskan Islam. Nasyid dipercaya sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad.Syair thola'al badru 'alaina (yang artinya telah muncul rembulan di tengah kami)yang kini kerap dinyanyikan oleh tim qosidah dan majelis ta'lim, adalah syair yang dinyanyikan kaum muslimin saat menyambut kedatangan Rasulullah SAW ketika pertama kali hijrah ke Madinah. Nasyid kemudian berkembang seiring dengan situasi dan kondisi saat itu. Misalnya nasyid di Timur Tengah yang banyak mengumandangkan pesan jihad maupun perlawanan terhadap imperialisme Israel lebih banyak dipengaruhi oleh situasi politik yang ada saat itu.






Spoilerfor Perkembangan Di indonesia:

Nasyid mulai masuk ke Indonesia sekitar era tahun 80-an. Perkembangannya pada awalnya dipelopori oleh aktivis-aktivis kajian Islam yang mulai tumbuh di kampus-kampus pada masa itu. Pada awalnya yang dinyanyikan adalah syair-syair asli berbahasa Arab. Namun akhirnya berkembang dengan adanya nasyid berbahasa Indonesia dan dengan tema yang semakin luas (tidak hanya tema syahid dan jihad). Biasanya nasyid dinyanyikan dalam pernikahan, maupun perayaan hari besar umat Islam.




Nasyid di era Tahun 2000-an
Pada tahun 2000an nasyid di indonesia sudah sangat berkembang dari asal mulanya hanya di minati oleh aktivis-aktivis kampus, saat itu sudah menjamah kepada rohis-rohis di SMA. Bahkan sudah lebih maju lagi pada perkebangan di dunia komersial. Seperti halnya band-band beraliran pop, Nasyid pun ikut kedalam perkembangan dimana para munsyid (orang yang bernasyid) sudah sangat banyak menelurkan album-album mereka. Hanya saja perkembangannya memang lambat karena tidak di dukung olah sarana prasaran TV, nasyid hanya berkembang di radio itupun kebnyakan radio islami, dan dari organisasi-organisasi rohis ataupun sekolah.

Lets Talk About Vokal Grup Nasyid

  1. SNADA
    Siapa yang tak kenal dengan nama grup nasyid ini, memang lebih populer dibanding dengan yang lain sebab grup ini lebih sering nongol di tv tv kala itu


    Spoilerfor Personil Snada:

    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 2





    Spoilerfor Video Snada:



    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 3








  2. Raihan
    Raihan, grup nasyid asal malaysia yang sempat juga populer di Indonesia. namun saat ini sudah jarang terlihat di tv Indonesia.


    Spoilerfor Personil Raihan:

    http://memberfiles.freewebs.com/46/88/53308846/photos/Raihan/Raihan%20-%20Puji%20Pujian.jpg





    Spoilerfor Video Raihan:



    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 4







    Tidak hanya itu, ada banyak grup nasyid yang populer dikalangan rohis atau aktivis kampus antara lain


  3. Hawari
    Hawari adalah grup nasyid dari Bandung grup nasyid hawari kalo tidak salah sudah menelurkan 13 album. Memang sudah banyak album album nasyid hawari ini mulai yang jadul sampai dengan yang up to date. Album-albumnya diantaranya :

    • Taqwa


    • Kompilasi MQFM Insan Pilihan


    • Sertakan tuhan


    • Raja Diri


    • Idolakan Tuhan


    • Kenangan


    • Akhir Zaman


    • Janji


    • The Best


    • Mengapa


    • Satu Dekade


    • Satu Dunia


    • Hawari Community






    Spoilerfor Personil Hawari:

    https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh4VBUtRTCtSmUhe_7P2xPW1WwsldnbVZ5B4ZVdqJmzNjXQw_lXlLEO4JVUKelnKzbqLuM6cGB8q1ehGLg_6uwi_6MbFmDPbwY-WzsID3H5HVKGyx5pKxD_OsHyWZsL6K6GCxksIhRzaV0/s400/hawari.jpg





    Spoilerfor Video Raihan:



    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 5









  4. edCoustic
    Edcoustic merupakan band duo asal Bandung yang mengusung konsep musik pop inspiratif. Lahir sejak 25 Mei 2002, dengan dua personilnya yakni Aden (Vokalis) dan Eggie (Gitaris).

    Album perdana “Masa Muda” dirilis Oktober 2004, telah menjadi satu fenomena diblantika musik religi Indonesia. Sejak kemunculannya yang menawarkan keunikkan tersendiri edCoustic berhasil menarik perhatian pendengar pop religi. Keunikkannya dapat terlihat dari formasi duo personilnya, karakter vocal yang khas, warna musik, juga didukung lagu yang tematik & easy listening.

    Album pertama Edc telah terjual hampir 20.000 keping. Sebuah pencapaian luar biasa bagi album sekelas indie, yang hanya mengandalkan promo melalui radio segmentif diseluruh Indonesia.

    Agustus 2008 Edcoustic meluncurkan album keduanya bertajuk SEPOTONG EPISODE. Single “Muhasabah Cinta” semakin melesatkan popularitas Edcoustic hingga mancanegara.

    Nama Edcoustic kian menggaung saat Aden sukses berkolaborasi dengan Melly Goeslaw dalam menciptakan ost. Ketika Cinta Bertasbih.

    Lagu Muhasabah Cinta dipopulerkan kembali oleh trio Fatima diramadhan 2010. Bersamaan dengan itu Edc merilis single “Jalan Masih Panjang” yang terdapat di album Kompilasi Muhasabah Cinta, produksi Forte Records.
    Dua album tadi yang telah diluncurkan yaitu :

    • Masa Muda


    • Sepotong Episode






    Spoilerfor Personil edCoustic:

    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 6





    Spoilerfor Video edCoustic:



    Nasyid ? Musik Apa Itu ? 7






    Sekian dulu yah sebenarnya masih banyak lagi gan nanti di update!
    masih ada Haris Isa, Hijjaz, In-team, Justice Voice, Nahwan Voice, Rabbani, Star5 dan lain-lain Malu (S)



Tidak ada komentar:

Posting Komentar