Selasa, 01 Januari 2013

[RENUNGAN AKHIR TAHUN] Sudah Lelah kah Kita Bahas Korupsi?


Mahfud MD Ungkap Penyebab Korupsi Merajalela
penegak hukum lemah



Spoilerfor :

TEMPO.CO , Jakarta:Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD mengungkapkan alasan korupsi di Indoensia merajalela. Dalam versinya, korupsi terus terjadi di semua sektor karena buruknya penegakkan hukum.

"Di semua sektor kehidupan, korupsi merajalela karena hukum tidak ditegakkan," ujar Mahfud dalam seminar Refleksi dan Evaluasi Penegakan Hukum dan HAM 2012 di kantor pusat Dewan Pengurus Pusat Partai Persatuan Pembangunan, Rabu, 26 Desember 2012.

Mahfud mencontohkan, korupsi telah menggerogoti sektor ekonomi, kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur. "Misal ekonomi, karena tidak ada kepastian, jadi semrawut. Kesehatan, korupsi di sana-sini melanggar prosedur di Departemen Kesehatan," ujar Mahfud.

Menurut Mahfud, kunci membereskan semua masalah korupsi adalah menegakkan hukum tanpa pandang bulu. "Kalau hukum ditegakkan tanpa pandang bulu, perbaikan di sektor lainnya akan mengikuti,” kata Mahfud. “Oleh sebab itu, saya sering mengatakan, kita sebenarnya bukan membangun lagi Indonesia, konsep pembangunan sudah lengkap dengan paradigma masing-masing sudah, tetapi penegakan hukumnya yang belum."

Selain Mahfud, seminar dihadiri Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Syaifuddin, Sekretaris Jenderal PPP Romahurmuziy, dan aktifis Front Pembela Islam Munarman. Mahfud MD disebut sebagai kandidat calon presiden alternatif terpopuler.

FEBRIANA FIRDAUS



kata kunci : penegakan hukum tanpa pandang bulunya siapa gan ....Cool

bagaikan nabi yg berteriak-teriak di padang gurun, bertobatlah!

klo ane gan, mending posting di kaskus untuk tidak lelah menyampaikan informasi soal pemberantasan korupsi, mungkin kita lelah gan atau bosan, tp saat itu terjadi, mereka para koruptor akan tertawa sumingrahMad (S)

mangkanya jangan lelah untuk untuk berteriak-teriak agar korupsi semakin berkurang di negri ini

Mahmud secara gamblang bilang, penegakkan hukum lemah ya karena para penegak hukum lemah gan



kerja KPK sudah dinilai bagus gan oleh ICW

ICW: Kinerja KPK Fenomenal
kata ICW


Spoilerfor :

TEMPO.CO, Jakarta - Peneliti Divisi Korupsi Politik Indonesia Corruption Watch (ICW), Apung Widadi, memuji kinerja Komisi Pemberantasan Korupsi sepanjang 2012. "KPK sangat fenomenal," katanya di Jakarta, Jumat, 28 Desember 2012.

Menurut dia, keunggulan KPK tahun ini karena berhasil membidik korupsi dari dua sisi. "Sisi yang pertama adalah korupsi politik, sedangkan yang kedua adalah sisi penegak hukum," ujar Apung.

Ia mengatakan, KPK berhasil menyasar petinggi partai politik serta kadernya yang terlibat korupsi. Selain itu, KPK mampu menjerat koruptor dari lembaga penegak hukum, yaitu Kepolisian Republik Indonesia.

Apung mengatakan, untuk meningkatkan kinerjanya di tahun mendatang, KPK hendaknya menambah jumlah sumber daya manusia, terutama penyidik dan penuntut. "Rekrutmen terhadap penyidik dan penuntut secara independen akan memperkuat KPK, dibandingkan dengan yang berasal dari institusi lain," katanya.

Menurut Apung, sumber daya manusia yang direkrut secara independen bisa menghindarkan KPK dari intervensi. "Contohnya sekarang, penyidik dari polisi malah banyak yang ditarik," ujar dia.

Ia pun meyakini, di tahun 2013, KPK bisa menangkap banyak target koruptor yang selama ini dibidik. "Target sangat banyak. Mudah-mudahan di awal tahun bisa menjawab ekspektasi publik," kata Apung.

Sepanjang 2012, KPK menjerat sejumlah petinggi partai, pejabat negara, menteri aktif, dan jenderal aktif.

Di antara para koruptor itu adalah Bendahara Umum Partai Demokrat M. Nazaruddin dalam kasus Wisma Atlet SEA Games serta bekas Deputi Bank Indonesia Miranda Gultom dalam kasus suap pemilihan Gubernur Bank Indonesia.

Adapun eks Menteri Pemuda dan Olahraga Andi Mallarangeng dijerat KPK dalam kasus korupsi Hambalang dan mantan Kepala Korps Lalu Lintas Kepolisian Republik Indonesia, Inspektur Jenderal Djoko Susilo, dalam perkara pengadaan proyek simulator mengemudi.

SATWIKA MOVEMENTI




klo penegakkan hukum lemah, ternyata KPK bisa gan berbuat sesuatu, siapa seh yg dimaksud penegak hukum?

Siapa Sajakah Penegak Hukum di Indonesia?LENGKAPnya baca di sini gan


Spoilerfor :



*)Pasal 5 ayat (1) UU No. 18 Tahun 2003 tentang Advokat dan penjelasannya yang berbunyi:

“Advokat berstatus sebagai penegak hukum, bebas dan mandiri yang dijamin oleh hukum dan peraturan perundang-undangan.”

Dalam penjelasan Pasal 5 ayat (1): “Yang dimaksud dengan “Advokat berstatus sebagai penegak hukum” adalah Advokat sebagai salah satu perangkat dalam proses peradilan yang mempunyai kedudukan setara dengan penegak hukum lainnya dalam menegakkan hukum dan keadilan.”

*)Pasal 2 UU No. 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia :
“Fungsi kepolisian adalah salah satu fungsi pemerintahan negara di bidang pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat.”

*)Pasal 49 ayat (2) huruf i UU No. 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan dan penjelasannya: Penyidik Pegawai Negeri Sipil di lingkungan Otoritas Jasa Keuangan berwenang meminta bantuan aparat penegak hukum lain. Dalam penjelasannya: Yang dimaksud dengan "penegak hukum lain" antara lain kejaksaan, kepolisian, dan pengadilan.

*)Pasal 2 UU No. 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi sebagaimana telah diubah dengan UU No. 8 Tahun 2011 tentang Perubahan Atas UU No. 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi:
“Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan.”








siapa seh yg terlibat korup?

Politikus Golkar Tak Yakin Partainya Terkorup


Spoilerfor :

TEMPO.CO, Jakarta - Politikus senior Partai Golongan Karya, Chairuman Harahap, tidak yakin jika partainya terkorup sepanjang 2012. “Ukurannya dari mana?” katanya ketika dihubungi Tempo, Sabtu, 29 Desember 2012.

Mantan Ketua Komisi Pemerintahan Dewan Perwakilan Rakyat itu mengatakan, tidak cukup menilai kategori partai sebagai yang korup dengan hanya melihat dari banyaknya kader yang terlibat. “Harus diteliti seperti apa kasus-kasus korupsinya,” ujar Chairuman.

Namun, dengan adanya anggapan yang menyebutkan bahwa partai berlambang beringin itu sebagai yang terkorup, bisa menjadi bahan evaluasi. “Kami terus berkomitmen dan berupaya untuk menghindarkan diri dari kasus korupsi,” katanya.

Riset Indonesia Corruption Watch menunjukkan, Golkar menjadi partai yang kadernya paling banyak terlibat dalam tindak korupsi sepanjang 2012. Golkar di urutan pertama dengan 14 kader, diikuti Partai Demokrat dengan 10 kader, dan Partai Amanat Nasional serta PDI Perjuangan dengan masing-masing 8 kader.

Menurut Peneliti Divisi Korupsi ICW, Apung Widadi, potensi korupsi yang melibatkan politikus semakin besar pada 2013. Sebab mereka berlomba-lomba mencari dana kampanye menjelang Pemilihan Umum 2014. "Ironisnya, uang haram hasil korupsi, menjadi tumpuan pendanaan politik," ujarnya.

SATWIKA MOVEMENTI




tak ada remisi Natal gan
Koruptor Tak Dapat Remisi Natal

=================

renungan di akhir tahun 2012 yg gak jd kiamat gan, ungkapkan opini agan ttg hal-hal berikut (bisa pilih salah satu saja gan):
1. penegakkan hukum lemah mnrt agan gimana?
2. siapakah penegak hukum paling lemah mnrt agan dan mengapa ya?
3. bgmn opini agan soal partai yg terlibat dalam korupsi?
4. apakah agan masih optimis soal penghancuran korupsi ini terutama peran KPK?
Ngakak

santai gan............. ini bukan soal ujian ye? sekedar share aja silahkan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar