Minggu, 30 Desember 2012

Setiap Hari Dua Ribu Wisatawan Nikmati Adventure Jeep Merapi


Quote:Setiap Hari Dua Ribu Wisatawan Nikmati Adventure Jeep Merapi 1

Setiap Hari Dua Ribu Wisatawan Nikmati Adventure Jeep Merapi 2


SUMBER GAMBAR


Quote:Bagi masyarakat Yogyakarta, obyek wisata Lava Tour mungkin sudah dikenal dengan baik. Namun, lain halnya bagi wisatawan yang berasal dari luar kota. Obyek wisata yang berada di lereng merapi ini tampaknya masih mengundang rasa penasaran yang begitu kuat.

Setidaknya hal inilah yang dirasakan Edwin (28), seorang wisatawan asal Jakarta yang datang bersama empat orang rekan kerjanya. Ia menyempatkan diri menikmati keindahan lereng merapi untuk mengisi libur panjangnya.

“Lihat di tv sama browsing di internet enggak cukup puas, harus datang langsung seperti ini, jadi gak penasaran,” ujar PNS di sebuah instansi pemerintahan ini, Selasa (25/12/2012).

Saat itu, Edwin langsung menuju obyek wisata di Kinahrejo, lokasi bekas rumah almarhum Mbah Maridjan. Tempat ini juga merupakan titik keberangkatan wisata adventure jeep wisata dan sepeda motor trail yang juga sangat diminati. Wisata bernuansa petualangan ini pun tak luput dari perhatian Edwin.

“Saya nyewa satu jeep, buat berkeliling, ternyata memang banyak hal yang saya tidak tahu, sejauh ini cukup puas lah, ya harganya ya petualangannya,” jelasnya.

Obyek wisata yang berada di ujung utara Yogyakarta ini memang seperti kebanjiran wisatawan terhitung sejak hari Jumat (21/12/2012) lalu. Hal ini dibenarkan Triyanto, kordinator 86 Merapi Jeep Tour Community, penyedia jasa perjalanan wisata menggunakan mobil jeep terbuka di lereng merapi.

Menurutnya, seluruh armada yang mereka miliki tak pernah berhenti mengantarkan wisatawan berkeliling ke lokasi – lokasi wisata. Adapun, 86 Merapi Jeep Tour Community sendiri kini mengoperasikan 26 unit jeep. Per unitnya, setiap hari mampu melayani hingga lima kali perjalanan pergi pulang.

Sementara jumlah wisatawan yang sanggup diangkut per unitnya dipatok sebanyak lima orang sekali keberangkatan. Berdasarkan perhitungan kasar, setidaknya ada 650 orang wisatawan yang menikmati betapa menantangnya manuver jeep menyusuri jalanan terjal dan curam di sekitar merapi.

“Itu kan baru satu penyedia, di sini ada tiga komunitas penyedia jasa petualangan jeep. Dan semuanya penuh juga, kami hampir kewalahan menghadapi membludaknya pengunjung,” jelasnya ketika ditemui di pos pendaftaran Jeep Tour.

Hal yang sama diungkapkan Rudi Safudin, operator penyedia jasa Grinata Adventure. Di sini pihaknya juga menyedian 26 unit armada jeep. Setiap harinya, jeep – jeep yang mereka operasikan juga tak pernah sepi mengantarkan pengunjung.

“Enggak pernah putus, mobil muter terus. Semuanya penuh, termasuk landcruiser community juga sama,” jelasnya sembari menyebutkan satu penyedia jasa layanan perjalanan wisata lainnya.

Triyanto memperkirakan, jumlah wisatawan akan terus mengalami peningkatan hingga puncaknya pada akhir tahun. Jika kondisinya demikian, Triyanto sendiri mengaku tak bisa berbuat apa – apa lantaran ketersediaan armada tak mencukupi untuk melayani begitu banyaknya wisatawan. Sementara ini, rekor terbanyak terjadi pada hari Senin (24/12/2012) kemarin.

Pada saat itu, antrian rombongan bahkan hingga mencapai 70 rombongan. Namun, lantaran kebanyakan berasal dari luar daerah dan penasaran menyusuri jalanan di lereng merapi, para pengantre ini pun sanggup menunggu gilirannya.

“Dari hasil rekapitulasi, bulan November kemarin juga cukup banyak, dalam sebulan kami melayani 900 kali keberangkatan wisatawan, sekarang juga belum mencapai puncaknya,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya mengimbau kepada para wisatawan untuk melakukan pemesanan terlebih dahulu untuk menghindari antrean yang terlalu panjang. Proses pemesanan bisa dilakukan melalui telepon tenaga pemasaran masing – masing jasa pelayanan perjalanan wisata.

Untuk pemesanan lebih dari 15 unit jeep, dibebankan biaya uang muka, sedangkan untuk pemesanan satu unit, tidak dikenakan biaya uang muka.

Adapun, jasa layanan perjalanan wisata ini, menyediakan tiga paket regular jeep wisata yang terbagi atas tiga pilihan rute. Meliputi short route dengan waktu tempuh 1 hingga 1,5 jam perjalanan. Rute dimulai dari area parkir wisata I, Kinahrejo, menuju Kali Opak, Tugu Ambruk, Dusun Petung, Dusun Jambu, Batu Alien, Kali Gendol, Dusun Kaliadem, Kampung Wisata Kaliadem, Gumuk Petung, Museum bekas erupsi merapi serta Gumuk Bol.

Untuk rute pilihan ini, wisawatan ditarik biaya sebesar Rp 250 ribu.

Pilihan rute kedua merupakan medium route dengan waktu tempuh antara dua hingga 2,5 jam perjalanan. Rute yang dilalui meliputi basecamp di Kinahrejo, menuju Kali Opak, Tugu Ambruk, Dusun Petung, Museum Bekas Erupsi Merapi, Dusun Jambu, Batu Alien, Kali Gendol, Gardu Pandang di Dusun Kopeng, Volcano Tour di Cangkringan, Batu Gajah di Kepuharjo, Dusun Gungan serta mengunjungi hunian tetap para korban erupsi merapi. Untuk perjalanan wisata ini, wisatawan dikenakan tarif sebesar Rp 350 ribu untuk lima orang rombongan.

Sedangkan rute terakhir yakni Long Route dengan waktu tempuh hingga tiga jam lamanya. Mulai dari basecamp di Kinahrejo, menyusuri Kali Opak, Tugu Ambruk, Dusun Petung, museum bekas erupsi merapi, Dusun Jambu, Batu Alien, Kali Gendol, Gardu Pandang di Dusun Kopeng, Volcano Tour Cangkringan, Batu Gajah di Dusun Kepuharjo, Lava Tour di Glagaharjo, Makam Alamarhum Mbah Maridjan, Bukit Glagahsari serta Gumuk Bol.

Setiap keberangkatan satu rombongan, pengunjung dikenakan tariff sebesar Rp 450 ribu.

Diantaranya ketiga rute tersebut, yang paling bayak diminati yakni short route. Sedangkan untuk medium dan long, biasanya hanya orang – orang tertentu saja yang memang ingin memperoleh gambaran lebih detil mengenai kondisi di lereng merapi secara keseluruhan.

“Biasanya sih turis pesannya yang long route,” imbuh Rudi.

Selain paket regular tersebut, wisatawan juga dimanjakan dengan dua paket petualangan lainnya yang ditujukan bagi mereka yang benar – benar menyukai tantangan. Semisal pada paket Kaliadem sunrise trip dan merapi night trip, perjalanan menjelajahi lereng merapi di malam hari.

“Musim liburan kali ini kami kewalahan melayani jumlah wisatawan yang begitu banyak, tapi syukurlah ini rejeki bagi kami,” pungkas Triyanto.


SUMBER


peluang usaha yg cukup menggiurkan....penyedia jasa petualangan jeep....Matabelo....sayangnya ane ga punya jeep

Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)Blue Guy Cendol (L)
Rate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 StarRate 5 Star


Quote:TRIT ANE YG MASIH FRESH....

Cerita Monas 20 Tahun Tidak 'Mandi' dan Emasnya Rontok
Makara-02, Kapal Pengintai Buatan TNI AL dan Mahasiswa UI
Damri Luncurkan Bus "Royal Class" Gambir - Lampung
Semen Gresik Akuisisi Produsen Semen Milik Orang Terkaya Vietnam
Soal Pelayanan Publik, Pemda dan Polri Paling Banyak Dikeluhkan Masyarakat
Halte dan Bus Transjakarta Tahun Depan Dirombak
Redenominasi, Sen Menjadi Satuan Rupiah Terkecil
Rahadewineta, Wasit Indonesia di Kejuaraan Dunia Taekwondo
2013, Lapan Luncurkan Roket dari Morotai
Aturan Ganjil-Genap Tidak Berlaku di Seluruh Jakarta
Mobil Listrik Nasional Akan Dirilis Mei 2013

Tidak ada komentar:

Posting Komentar