Minggu, 30 Desember 2012

[Share] Mengamankan file pribadi dengan Truecrypt


PERHATIAN: BUKAN IKLAN BUKAN SIHIR

SEBELUM MENCOBA CARA INI, LAKUKAN BACKUP DATA PENTING ANDA, ATAU SETIDAKNYA LATIHAN DENGAN MENGGUNAKAN FILE YG TIDAK PENTING. KERUSAKAN/KEHILANGAN APAPUN TIDAK MENJADI TANGGUNG JAWAB PENULIS.

Apakah ente mempunyai file yg ter-amat sangat penting hingga membutuhkan cara khusus agar file ente tidak jatuh ke tangan yg salah?,


Spoilerfor ???:

mungkin ente seorang Jurnalis, yg mengetahui mega skandal pemerintah, membutuhkan tempat yg aman untuk menampung barang bukti sebelum ente kirim ke editor,

mungkin ente seorang politisi, yg membutuhkan tempat yg aman untuk tempat dokumen rahasia ente, tentang daftar orang yg telah ente "lenyapkan" karena membahayakan posisi ente,

mungkin ente seorang aktifis, membutuhkan tempat yg aman untuk file barang bukti ente, yg dapat membuat perusahaan besar berskala international "gulung tikar" terkait pengrusakan lingkungan yg ditimbulkannya,

mungkin ente seorang buronan, agen federal maupun interpol memburu ente, karena ente mempunyai file barang bukti kejahatan boss mafia, dan ente membutuhkan "brankas" kokoh untuk file yg dicari oleh para pemburu ente,

mungkin ente seorang agen rahasia, dengan misi rahasia, senjata rahasia, punya data rahasia, yg butuh tempat rahasia untuk data ente,

mungkin ente seorang jenius, penemu obat HIV AIDS, mempunyai sourcecode sistem operasi super canggih yg dapat mencukur habis microsuft maupun eipel, penemu mesin V 16 silinder berbahan bakar tinja, membutuhkan tempat aman untuk data temuan ente, agar tidak di klaim pihak lain,

mungkin ente seorang bokep-er's sejati, membutuhkan tempat yg aman untuk mega koleksi "harta" terbaik ente, yg ente koleksi sejak masih SD, agar orang lain, terutama orang tua, dan pacar ente tidak mengetahui koleksi ente, dan hanya ente dan "adik kecil" ente yg ber-hak untuk menikmatinya,

mungkin ente seorang narsisme, dengan tingkat radiasi melebihi ambang batas normal, yg suka "merekam" hal-hal "pribadi" ente seorang diri, (mungkin) karena ente merasa tidak ada yg mempunyai wajah dan "onderdil", sebaik kepunyaan ente, membutuhkan tempat aman untuk file-file "sensitif" ente, agar kelak foto-foto "syuuurrrrr" ente tidak "bocor" secara masal di internet,



Atau apapun itu, ente membutuhkan programTruecrypt.

Ya!, Truecrypt bukan program yg hanya sekedar "menyembuyikan" suatu file/folder, namun benar-benar meng-enkripsi setiap bit data. kelemahan dari kebanyakan program yg "meyembunyikan folder" tertentu adalah bahwa folder-nya memang tersembunyi tapi itu selama programnya berjalan, jika komputer di boot dengan OS lain, atau dengan bantuan program pendeteksi file tersembunyi, maka folder yg tersembunyi tadi akan kelihatan.

:: BERANGKAT BOSS! ::

Ada banyak opsi untuk penggunaan TC, ane akan tunjukin beberapa hal dasar diantaranya. Secara garis cara kerja TC adalah menciptakan sebuah file/partisi yg akan berperan sebagai Brankas tempat file yg akan ente simpan. silahkan ente pilih salah satu dari 2 metode berikut:


Spoilerfor FILE:

★ jalankan TC, klik Create Volume, pilih Create an encrypted file containerdan klik Next, pilih Standart dan klik Next.

★ selanjutnya tekan Select File... dan berikan nama dan tempat dimana file yg dibuat akan di simpan (Save), klik Next.

★ tentukan tipe algoritma enkripsi dan hash-nya, kalo gak ngerti klik Next aja.

★ selanjutnya tentukan ukuran file yg akan berfungsi sebagai brankas tadi, terserah ente. ingat, besarnya file ini akan menjadi besarnya ukuran brankas ente. Next.

★ tentukan passwordnya, untuk pemula sebaiknya jangan memilih use keyfiles.

★ selanjutnya tentukan tipe file system brankas ente nantinya, jika sudah tekan format.

★ Sampai disini selesai, pilih Exit. lanjut ke bagian Cara membuka Brankas.





Spoilerfor PARTISI (flashdisk, Hd external, dll):

★ jalankan TC, klik Create Volume, pilih Encrypt a non-system partition/drive, pilih Standartdan klik Next.

★ selanjutnya tekan Select Device... dan pilih partisi mana yg akan digunakan, Next.

PERHATIAN !

jika sebelumnya partisi ente berisi data, dan ente ingin mengamankan data yg ada didalamnya, pilih Encrypt partition in place, maka partisi dan jg data-nya akan dienkripsi, lamanya waktu tergantung seberapa besar partisinya. (partisi harus berformat NTFS) namun untuk kali ini ane tidak akan menjelaskan metode yg ini buat pemula, sebaiknya menyiapkan sebuah partisi baru yg kosong.

jika partisi tidak memiliki data apapun didalamnya (atau datanya ada tapi memang sudah tidak butuh) pilih Create encrypted volume and format it. Next.

★ tentukan tipe algoritma enkripsi dan hash-nya, kalo gak ngerti klik Next aja.

Next.

★ tentukan passwordnya, untuk pemula sebaiknya jangan memilih use keyfiles.

★ selanjutnya tentukan tipe file system brankas ente nantinya, jika sudah tekan format. (Perhatian !, ente tahu apa itu format kan? jadi pastikan tidak ada data penting tertinggal didalam!)

Exit.




:: CARA MEMBUKA BRANKAS ::

untuk membuka, ente membutuhkan programnya,

★ ★ jalankan TC, pilihSelect File...jika sebelumnya ente menggunakan metodeFile, atauSelect Device...jika sebelumnya ente menggunakan metodePartisi. cari danopenfile/partisi TC yg sebelumnya ente buat.

★ ★ selanjutnya pilih salah satu dari sekian banyak drive letter (C: D: E: F: G:...), double klik pada salah satu-nya.

★ ★ selanjutnya masukkan password yg sebelumnya ente buat.

★ ★ jika benar, coba lihat ke dalammycomputer/computer, akan hadir sebuah drive baru, drive inilah yg akan ente gunakan untuk menyimpan data-data ente. layaknya seperti drive lain, ente bisa jg memformat, defrag, atau yg lain-nya terhadap brankas (drive virtual) ini.

:: CARA MENUTUP BRANKAS ::

Brankas (drive virtual) ente akan tertutup secara otomatis jika ente melakukanshutdown,restartdanlogoffkomputer ente, atau bahkan jika tiba-tibawindows crashataumati lampu, jadi data ente akan tetap aman walaupun sebelumnya ente telah membuka brankasnya.

untuk menutup secara manual brankasnya, pada jendela utama TC, pilih drive yg telah terpilih sebelumnya, lalu tekanDismount. coba perikasa mycomputer, drive yg tadinya ada akan hilang, dan data ente pun akan aman.

Sekian. Opsi dan Fungsi dari Truecrypt lainnya (mungkin) segera menyusul...Big Grin



[Share] Mengamankan file pribadi dengan Truecrypt 2




Truecrypt gratis, malahan opensource, jadi ente bisa menikmati tanpa perlu keluar uang sepeser pun. Jika punya rezeki berlebih, sebaiknya beramal dengan men-Donasi ke situs resminya, demi menghargai kerja keras para pengembangnya.

Truecrypt dibuat Multiplatform, windows, linux, mac. jadi ente bisa membuka brankas dari linux yg sebelumnya dibuat di windows. dan hal serupa lainnya.

Truecrypt tersedia baik yg Portable maupun yg di install.

Jika ente menggunakan metode file, file brankas tersebut juga akan terlihat seperti file lain pada umumnya, bisa dicopy, atau bahkan dihapus!, jadi perlakukan secara khusus file (brankas) ini. mengubah isi badan file 1 bit saja dapat menghancurkan keseluruhan isi brankas!. ente bisa me-rename file sesuka hati, atau menyamarkannya dengan memberi extensi file video, misalnya "test.avi", sehingga orang akan mengira ini video yg rusak (karena tentu saja walaupun tipe-nya AVI, ini bukan file video, player manapun pasti error)

Jika ente menggunakan metode partisi, coba lihat mycomputer/computer, akan ada sebuah drive yg seperti rusak, ditandai ketika hendak dibuka akan meminta format. tenang, itu wajar, karena partisi (yg merupakan brankas rahasia) tidak memiliki informasi yg valid tentang type filesystemnya sehingga windows menganggapnya "rusak/belum diformat". yg jadi masalah adalah jika ente/ orang lain tidak sengaja memformat partisi tadi, maka data ente akan rusak sepenuhnya!, untuk mencegah hal ini sebaiknya ente menghilangkan drive "spesial" ini dari daftar, cara nya adalah menghilangkan huruf drivenya. toh TC tidak melihat partisi melalui huruf drive-nya, melainkan melalui "layout" partisinya.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya tidak melakukan "bedah partisi" seperti resize, buat partisi baru, dll pada partisi yg bersebelahan dengan partisi brankas ente, karena dikhawatirkan akan merusak informasi brankas yg terletak di awal dan akhir partisinya. karena bagaimanapun, partisi brankas ente "terlihat" seperti partisi yg "lagi nganggur" oleh semua program kecuali oleh program TC sendiri.

Jika ente menggunakan metode partisi, sebaiknya melakukan Backup volume header, tujuannya agar jika suatu saat nanti partisi ente tiba-tiba tidak dikenali TC sebagai partisi brankas karena suatu hal, ente bisa me-restore informasi partisi brankas ente.


Info, Tips dan kelupaan lainnya segera menyusul...Big Grin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar